Kerja Praktek

Program Kerja Praktek merupakan program yang dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengalaman nyata pada pekerjaan aplikasi Perencanan Tata Ruang secara langsung di lapangan kerja. Baik di Pemerintahan, Konsultan/swasta, LSM/NGO, maupun Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Ketentuan untuk dapat memprogramkan matakuliah ini adalah sebagai berikut:

Tata tertib Kerja Praktek (KP)

Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan KP, perlu diperhatikan persyaratan yang ada yaitu:

  1. Tidak diperkenankan memprogram KP bersamaan dengan studio.
  2. Telah menempuh 108 SKS
  3. Administrasi diselesaikan sebelum pelaksanaan kegiatan KP.
  4. Mahasiswa yang memiliki IPK >= 3.00 dapat mengikuti Program Khusus KP yang akan ditetapkan oleh jurusan.
  5. Bila KP dilakukan di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu), mata kuliah yang ditempuh maksimum £ 6 sks.
  6. Mahasiswa yang memprogram mata kuliah tidak diijinkan KP di Luar Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu)
  7. Waktu pelaksanaan adalah 3 (tiga) bulan dengan materi minimum sampai tahap analisa, tetapi dapat juga disesuaikan dengan kondisi tempat mahasiswa tersebut melaksanakan KP.
  8. Mendapat persetujuan materi dan lokasi KP dari dosen wali, koordinator KP, Pembimbing KP di Instansi, Dosen Pembimbing KP dan Jurusan Planologi.
  9. Asistensi wajib dilakukan sejak dimulainya pelaksanaan KP.
  10. Pada pertengahan dan akhir kegiatan KP dilakukan presentasi kemajuan kegiatan KP yang dikoordinasikan oleh penanggung jawab KP.
  11. Perserta KP wajib menyertakan dokumentasi visual (khusus KP di luar Malang Raya menyertakan motion picture).
  12. Penilaian KP sepenuhnya ditetapkan oleh dosen pembimbing KP dan didukung oleh  referensi dari pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.