Mini Exhibition From PWK 2022 Ingatkan Kesadaran Tentang Perlindungan dan Kesejahteraan Anak

Mini Exhibition From PWK 2022 Ingatkan Kesadaran Tentang Perlindungan dan Kesejahteraan Anak

Mahasiswa PWK ITN Malang angkatan 2022 foto bersama di mini exhibition saat memperingati Hari Anak Sedunia 2022, di Hall PWK Kampus 1 ITN Malang, Senin (22/11/2022). (Foto: Mita/Humas ITN Malang)
Malang, ITN.AC.ID – Puluhan foto tergantung rapi di Hall PWK Kampus 1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Foto bertema anak-anak Indonesia dengan berbagai aktivitas ini merupakan karya mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITN Malang angkatan 2022. Pameran foto tersebut untuk memperingati Hari Anak Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 20 November. United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) PBB tahun 2022 merilis tema Hari Anak Sedunia atau World Children’s Day 2022 bertema “Inclusion, for every child”. Hari Anak Sedunia diperingati dengan mengusung isu-isu penting kesadaran, hak, perlindungan dan kesejahteraan bagi anak-anak. Tak terkecuali ide dan harapan anak-anak dan remaja. Muhammad Rajawafa Al Balad, ketua angkatan 2022 PWK ITN Malang menyatakan, peringatan Hari Anak Sedunia yang bertepatan di Hari Minggu 20 November 2022 mereka wujudkan dengan menggelar Mini Exhibition From PWK 2022. Dilaksanakan selama dua hari Senin-Selasa (21-22/11/2022).
Baca juga : Mahasiswi PWK ITN Malang Raih Top 5 Miss Cyber Mall Malang 2022
“Tujuan sebenarnya agar kita saling mengingatkan akan adanya hari anak sedunia. Dimana anak-anak butuh perhatian, dan didengar suaranya. Anak-anak di luar sana mungkin ada yang kesusahan, kita bisa memberi perhatian, bahkan bantuan,” kata Raja, Selasa (22/11/2022). Menurut Raja, mini exhibition awalnya tercetus dari Kaprodi PWK ITN Malang, Dr. Agung Witjaksono, ST, MT, yang mengingatkan akan pentingnya perlindungan anak. Sehingga beberapa hari sebelum digelarnya mini exhibition, mereka sudah mulai mengumpulkan foto dokumentasi tentang anak. Bahkan, Sabtu 19 November 2022 ada sebagai mahasiswa yang khusus mengambil foto di lingkungan sekolah dasar.
Beberapa mahasiswa ITN Malang sedang melihat pameran foto memperingati Hari Anak Sedunia 2022. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)
“Kami mengambil foto aktivitas anak-anak. Sekarang anak-anak sudah mulai sekolah daring, sehingga memudahkan kami mengambil foto aktivitas ketika mereka di sekolah. Dengan melihat foto anak-anak kami harapkan akan tumbuh rasa kasih sayang kita terhadap mereka,” lanjutnya. Selain aktivitas di sekolah, juga terdapat foto anak-anak yang sedang beraktifitas ibadah di gereja, olahraga di car free day (CFD) jalan Ijen Kota Malang, di panti asuhan Buring, dan lain-lain. Bahkan ada foto aktivitas ketika anak-anak di rumah, yang menggambarkan kedekatan anak-anak dengan orang tuanya. Selain pameran foto mahasiswa PWK juga menyiapkan papan khusus untuk menempel pesan, harapan, dan doa untuk anak-anak. Semua mahasiswa yang melihat mini exhibition boleh menulis pesan. Harapan terhadap kesejahteraan anak-anak juga sampaikan oleh Ester Parmanes, mahasiswa PWK angkatan 2022. Menurutnya masih banyak anak-anak yang belum merasakan kasih sayang dan mendapatkan kebahagiaan. Ia berharap orang tua lebih ceria saat menghadapi anak-anak. Karena masa anak-anak adalah masa tumbuh kembang.
Baca juga : Dosen ITN Malang Turut Berpartisipasi sebagai Juri Urban Farming Kota Malang
“Semoga pameran ini bisa memberi inspirasi bagi teman-teman yang melihat. Untuk orang tua kami harapkan bisa memberikan kebahagiaan penuh kepada anak. Apalagi saat momen anak-anak masa kecil. Karena ini akan terus terekam oleh anak,” harapnya. Ester mengaku penyayang anak sebab bawaannya ceria saat melihat anak-anak. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)