Bapelitbang Berau Kaltim Ikut SketchUp Training and Certification di PWK ITN Malang

Bapelitbang Berau Kaltim Ikut SketchUp Training and Certification di PWK ITN Malang

Antonio Heltra Pradana, ST, MURP, dosen PWK ITN Malang saat memberi materi SketchUp kepada Bapelitbang, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, di Training Center PWK ITN Malang. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Sebanyak lima staf Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang), Kabupaten Berau, Kalimantan Timur mengikuti pelatihan SketchUp di Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Institut Teknologi Nasional Malang (ITN) Malang, pada awal bulan November 2022 lalu.

SketchUp Training and Certification yang diselenggarakan oleh PWK ITN Malang menarik pihak Bapelitbang Berau. Pasalnya pelatihan SketchUp telah memberikan persepsi serta informasi baru terkait penggunaan Sketchup. Sketchup tidak hanya digunakan pada desain saja. Melainkan dapat juga digunakan dalam perancangan, penciptaan konsep-konsep untuk pengembangan kota, pengembangan kawasan pesisir, atau kawasan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi, hingga dapat digunakan dalam penanganan permukiman kumuh.

Salah satu staf Bapelitbang Kabupaten Berau menyatakan sangat terbantu mengikuti training Sketchup di PWK ITN Malang.Terutama dalam hal perencanaan di bidang Prasarana Pembangunan Wilayah (PPW) Berau.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas dan Kualifikasi Penguasaan Software, ATC PWK ITN Malang Perdana Buka Pelatihan Software SketchUp

“Pelatihan SketchUp sangat penting untuk menunjang pekerjaan kami sehari-hari di Bapelitbang Berau. Kedepannya kami akan terus berkoordinasi dengan PWK ITN khususnya dalam hal perencanaan di Kabupaten Berau,” kata Rieska Mansyur.

Staf Bapelitbang, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, saat mengikuti pelatihan SketchUp di PWK ITN Malang. (Foto: Istimewa)

Antonio Heltra Pradana, ST, MURP, dosen PWK ITN Malang menyatakan, dengan diselenggarakannya pelatihan ini harapannya mampu untuk memperkuat tali silaturahmi dengan pemerintah daerah Kabupaten Berau melalui Bapelitbang. Heltra akrab disapa merupakan trainer internasional software SketchUp yang berfokus pada bidang pemodelan 3D.

Menurutnya, memanfaatkan software SketchUp sangat banyak. Seperti untuk perancangan rencana tata ruang di masa depan, aktualisasi dan visualisasi pengembangan perkotaan, pedesaan, dan lain sebagainya.

Baca juga : Hanya butuh 3 Hari, Mahasiswa ITN Malang Juarai Lomba Rendering 3D Arsitektur IAI Malang

“Kasus-kasus lain juga bisa dilatihkan di SketchUp. Semoga kegiatan ini mampu memperkenalkan penggunaan Sketchup pada lingkup sosial yang lebih luas,” ujarnya saat ditemui di Training Center PWK ITN Malang. (Humas ITN Malang)

Pewarta: Bagus Dwi Saputra (Kominfo HMPWK ITN Malang/mahasiswa PWK S-1 ’20)

Editor: Mita Erminasari/Humas ITN Malang.